Pengembangan website pembelajaran dengan Wordpress untuk materi laser pada mata kuliah fisika modern untuk mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika

Authors

  • R Oktova Program Studi S-1 Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • I Imam Program Studi S-1 Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • D P Devi Program Studi S-1 Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Keywords:

Website pembelajaran, Wordpress, ADDIE, laser

Abstract

Pada program studi S-1 Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, materi laser diajarkan dalam mata kuliah Fisika Modern. Pembahasan materi laser yang bersifat mikroskopik ini cenderung sulit untuk dipahami dan dapat divisualisasikan dengan konten teks, gambar, video, dan animasi yang menarik. Untuk itu telah dikembangkan website pembelajaran untuk materi laser pada mata kuliah Fisika Modern dengan menggunakan perangkat lunak Wordpress. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan website pembelajaran untuk materi laser yang berbahasa Indonesia, menarik, interaktif dan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model ADDIE, yang terdiri atas tahap-tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Kelayakan website dilakukan melalui validasi dari uji ahli media, ahli materi dan pengguna. Untuk mengetahui kelayakan website tersebut digunakan instrumen berupa angket. Pada penelitian ini ditetapkan bahwa website yang dibuat akan diperbaiki bila dari 75% jawaban responden angket memberikan jawaban negatif. Validasi terhadap website yang telah dirancang menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 88,69% menurut ahli media, dan 82,58% menurut ahli materi. Setelah dilakukan revisi berdasarkan masukan ahli media dan ahli materi, dilakukan uji coba terhadap pengguna mahasiswa dan diperoleh tingkat kelayakan 79,72%. Dengan demikian website pembelajaran untuk materi laser pada mata kuliah Fisika Modern dinyatakan layak digunakan untuk mendukung pembelajaran mata kuliah Fisika Modern pada materi laser.

Downloads

Published

2025-06-12