Penggunaan Aplikasi Animated Simulation Book untuk Melatih Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika

Authors

  • S N Anisa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • R Kustijono Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan kelayakan aplikasi AS Book ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Validitas meliputi aspek, materi, keterampilan proses sains, media, dan teknis. Kepraktisan meliputi aspek, pelaksanaan dan kendala yang dihadapi. Keefektifan meliputi aspek, keterampilan proses sains dan respon siswa. Keterampilan proses sains yang ditetapkan adalah mengamati, mengklasifikasi, menginferensi, memprediksi, dan mengkomunikasi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implemetation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Subjek penelitian 20 siswa kelas X SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Penilaian validitas, kepraktisan, dan keefektifan menggunakan skala Likert. Kriteria kelayakan memenuhi syarat jika persentase validitas, kepraktisan, dan keefektifan ? 61%. Hasil penelitian menunjukkan: 1) validitas berkategori sangat valid (88,6%); 2) kepraktisan berkategori sangat praktis (89%); 3) keefektifan berkategori sangat baik ditinjau dari keterampilan proses sains (observasi 87,5% dan angket 96,5%) dan respon siswa berkategori sangat baik (97%). Penelitian menyimpulkan bahwa aplikasi AS Book dapat melatih keterampilan proses sains dan layak diterapkan dalam pembelajaran fisika.

Downloads

Published

2025-06-12