Pengembangan game visual novel fisika menggunakan software Novelty untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis

Authors

  • S N Yulandari Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • R Kustijono Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian adalah menghasilkan game visual novel fisika yang layak (valid, praktis, dan efektif). Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi dengan subjek 24 siswa SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Validitas ditinjau dari aspek pembelajaran dan media, kepraktisan ditinjau dari aspek keterlaksanaan dan kendala pembelajaran, dan keefektifan ditinjau dari observasi keterampilan berpikir kritis dan respon siswa. Skor validasi dan keterampilan bepikir kritis menggunakan skala likert, skor kepraktisan dan angket respon siswa menggunakan skala guttman. Game dinyatakan layak jika persentasenya ?61%. Hasil penelitian menunjukkan: 1) validasi pembelajaran dan media, keduanya mendapat persentase 92,80% (sangat valid); 2) kepraktisan berkategori sangat baik mendapat persentase sebesar 96%; 3) keefektifan sangat efektif ditinjau dari pengamatan keterampilan berpikir kritis (interpretasi 89,10%, analisis 78,75%, menyimpulkan 86,25%, evaluasi 100% dan menjelaskan 79,79%) dan hasil respon siswa (93,49%). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa game visual novel fisika menggunakan software novelty layak untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis.

Downloads

Published

2025-06-12