Keefektifan metode pictorial riddle untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis
Abstract
Keterampilan berpikir merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan siswa pada abad ke-21. Keterampilan berpikir kritis yang dimaksud meliputi interpretasi, analisis, evaluasi, menyimpulkan, dan menjelaskan. Salah satu upaya melatihkan keterampilan berpikir kritis dapat menggunakan metode pictorial riddle. Pictorial riddle merupakan riddle bergambar yang apabila disusun akan membentuk sebuah alur. Gambar dalam pictorial riddle mengandung berbagai informasi yang dapat dipahami dan dihubungkan sendiri oleh siswa sehingga keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan metode pictorial riddle untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelusuran pustaka dengan sejumlah jurnal yang dapat dipertanggungjawabkan terkait dengan metode pictorial riddle dan ketrampilan berpikir kritis. Analisis penelitian menerapkan prosedur penelitian pustaka. Hasil penelusuran pustaka yang diperoleh menunjukkan bahwa metode pictorial riddle lebih efektif dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.