Analisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika Materi Gerak Melingkar Menggunakan Alat Peraga Rotating Wheels Berbasis Arduino
Abstract
Pada umumnya materi gerak melingkar beraturan hanya diajarkan melalui media buku paket atau melalui gambar dua dimensi saja, sehingga sulit untuk dipahami secara riil bagaimana prinsip gerak melingkar tersebut. Oleh karena itu media pembelajaran berupa alat peraga dapat menjadi solusi penunjang proses pembelajaran. Pada penelitian ini telah dikembangkan media pembelajaran alat peraga Rotating Wheels yang menerapakan konsep hubungan roda-roda yang dihubungkan dengan tali. Penelitian kali ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis respon siswa terhadap pembelajaran fisika materi gerak melingkar menggunakan alat peraga Rotating Wheels berbasis Arduino. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif desktiptif. Pengumpulan data menggunakan angket (respon) dalam skala likert dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas XII IPA, MA Jabal Noer, Sidoarjo. Diperoleh hasil bahwa alat peraga Rotating Wheels memiliki respon yang sangat positif, memotivasi siswa serta membantu siswa untuk memecahkan masalah terkait materi gerak melingkar. Menurut siswa pembelajaran fisika menggunakan alat peraga Rotating Wheels lebih mudah dipahami dan terasa menyenangkan. Penggunaan alat peraga ini juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, kolaborasi antar siswa.