Keefektifan Penggunaan E-Book Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis
Abstract
Berpikir kritis merupakan salah satu ketrampilan yang dibutuhkan siswa pada abad 21. Salah satu cara untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis adalah melalui media pembelajaran yang tepat dan menarik yaitu dengan menggunakan e-book. E-book dapat digunakan untuk memahami konsep-konsep visual sehingga dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis. Pengukuran keterampilan berpikir kritis dilakukan dengan tes essay sehingga siswa dilatihkan untuk memecahkan masalah, menganalisis dan menyimpulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan e-book untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelusuran pustaka berupa jurnal-jurnal yang dapat dipertanggung jawabkan terkait e-book dan berpikir kritis. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif melalui study pustaka. Hasil penelusuran pustaka menunjukkan bahwa penggunaan e-book secara efektif dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.