Pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) berbantuan virtual laboratory terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X di SMAN Pakusari
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) berbantuan Virtual Laboratory terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA pokok bahasan usaha dan energi. Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sedangkan sampel menggunakan kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. skor rata-rata post-test siswa kelas eksperimen yaitu 80,32 sedangkan skor kelas kontrol sebesar 72,45. Sebelum dilakukan uji pengaruh menggunakan Independent Sample T-Test, perlu dilakukan uji normalitas. Hasil uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Sminov didapatkan nilai signifikansi pada kelas eksperimen adalah 0,171 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,200, maka dapat disimpulkan bahwa data penguasaaan konsep siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normal. Untuk menunjukkan adanya perbedaan penguasaan konsep yang signifikan antara siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Collaborative Creativity berbantuan Virtual Laboratory dilakukan uji Indepedent Sampe T-Test. Hasil analisis independent sample t-test diperoleh nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,002. Dan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan model Collaborative Creativity (CC) berbantuan virtual laboratory berpengaruh signifikan terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X di SMAN Pakusari