Keterampilan proses sains peserta didik melalui pembelajaran fisika berbasis pendekatan ilmiah
Abstract
Kurikulum 2013 memberikan penekanan pelaksanaan pembelajaran melalui metode ilmiah atau dikenal dengan pendekatan ilmiah. Artinya, dalam pembelajaran IPA (fisika) tidak sekedar memiliki pengetahuan tentang IPA, melainkan memberikan pengalaman bekerja seperti ilmuwan (scientists) memecahkan suatu permasalahan secara ilmiah. Keterampilan proses dapat digunakan sebagai sarana untuk melatih peserta didik untuk memecahkan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterampilan proses sains (KPS) peserta didik dan (2) mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar yang dicapai peserta didik setelah diterapkan pembelajaran IPA fisika berorientasi pendekatan ilmiah pada materi Kalor. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimental dengan menggunakan rancangan one-shot case study. Penelitian dilaksanakan di kelas XI MIPA 3 di salah satu SMA Negeri Palangka Raya dengan jumlah sebanyak 37 orang peserta didik. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 73% peserta didik memiliki KPS dengan kategori sangat baik, 22% peserta didik berkategori baik dan 5% peserta didik berkategori cukup baik. Selain itu, 78% peserta didik mencapai ketuntasan belajar pada materi kalor.