Pengembangan lembar kerja siswa fisika berbasis penemuan terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains
Abstract
Tujuan penelitian adalah menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis penemuan terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains yang layak (valid, praktis dan efektif). Jenis penelitian adalah penelitian penggembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation), dengan subjek penelitian 20 siswa kelas X MIA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket. Validitas ditinjau dari konstruk (LKS), pembelajaran dan konten (materi), kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan dan kendala pembelajaran, dan keefektifan ditinjau dari keteramipan proses sains dan respon siswa. Skor Validitas dan keterampilan proses sains menggunakan skala Likert, skor kepraktisan dan respon siswa menggunakan skala Guttman. LKS dinyatakan layak apabila persentase kelayakannya ? 61%. Hasil penelitian 1) validitas berkategori valid (konstruk 79%, pembelajaran 73% dan konten 80%). 2) Kepraktisan berkategori praktis (94%). 3) Keefektifan berkategori sangat efektif ditinjau dari keterampilan poses sains (mengamati 85%, merumuskan hipotesis 94%, mengidentifikasi variabel 93%, menginterpretasikan data 86% dan mengomunikasikan 88%) dan respon siswa berkategori sangat baik (99,4%). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa yang berbasis penemuan terbimbing layak digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains.