Keefektifan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa. Menafsirkan, menganalisis, mengevaluasi, menyimpulkan, menjelaskan, dan pengaturan diri merupakan indicator yang ingin dicapai dari keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu penunjang dalam menghadapi perkembangan zaman pada abad ke-21. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi atau penelusuran pustaka yaitu mengkaji beberapa jurnal yang berkaitan dengan keterampilan berpikir kritis dan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.