Pembelajaran pendekatan Scientific Approach yang terintegrasi dalam model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) sebagai upaya pencapaian kompetensi ilmiah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UPR
Abstract
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses yang terintegrasi dalam model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini mengacu pada pengembangan model Kemp. Subjek penelitian ini adalah masiswa Program Studi Pendidikan Fisika Unpar semester I yang sedang memprogramkan mata kuliah Pengembangan Program Pengajaran Fisika (P3F), sedangkan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Temuan dalam penelitian ini, dari Segi efektifitas penerapan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan layak yang didasarkan pada: Penguasaan keterampilan proses mahasiswa berkategori baik dengan rata-rata skor minimal untuk THB proses 3,13, sedangkan rata-rata skor minimal untuk penilaian selama mahasiswa melakukan proyek penyelidikan ilmiah adalah 3. Ketuntasan hasil belajar produk mahasiswa secara klasikal meningkat sebesar 60%, ketuntasan hasil belajar proses mahasiswa meningkat sebesar 90%, dan ketuntasan hasil belajar psikomotor mahasiswa sebesar 100%. Rata-rata skor minat ARCS mahasiswa minimal 3,52 (Cukup baik), sedangkan rata-rata skor motivasi ARCS mahasiswa 3,35 (Cukup baik). Keterlaksanaan SAP dikatakan baik pada semua aspek kecuali pada aspek pengelolaan waktu memperoleh rata-rata skor 2,8 (kurang baik). Rata-rata reliabilitas instrumen adalah 97,39%, dengan demikian instrumen dikatakan reliabel. Aktivitas mahasiswa selama perkuliahan dikatakan tinggi terutama pada aspek mendengarkan penjelasan dosen dengan persentase 39,56% dan berdiskusi antar sesama mahasiswa dengan persentase 30,63%, sedangkan rata-rata reliabilitas pengamatan sebesar 90,08%. Kendala-kendala selama proses penelitian dapat diselesaikan secara baik. Berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa, perangkat pembelajaran berorientasi pada pendekatan keterampilan proses yang terintegrasi dalam model pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan dikatakan layak dari segi validitas maupun dari segi efektivitas penerapannya.