Profil Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Fisika di Indonesia

Authors

  • D I T Wilujeng Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Suliyanah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis implementasi dari model Problem Based Learning pada pembelajaran fisika di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kajian literasi yang didapat melalui artikel terkait. Kriteria inklusi dari artikel yang akan direview yakni, artikel full text yang dipublikasikan tahun 2012-2021. Jumlah keseluruhan artikel yang didapatkan, dilakukan penyaringan sesuai dengan kriteria inklusi hingga memperoleh 20 artikel. Tahap analisis data dilakukan dengan proses berpikir induktif, dimana proses tersebut dilakukan dengan menggabungkan informasi yang didapat melalui kajian literasi diubah menjadi suatu informasi general yang dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan kajian literasi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa model Problem Based Learning dapat diterapkan pada berbagai jenis penelitian. Model PBL ini banyak digunakan dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan berbagai pendekatan. Pengembangan media berbasis PBL dinyatakan telah lolos uji dan layak digunakan sebagai penunjang implementasi model PBL dalam pembelajaran Fisika. Penggunaan model PBL dalam pembelajaran fisika memiliki banyak manfaat antara lain dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, sikap ilmiah peserta didik, kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Oleh karena itu, model Problem Based Learning dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran Fisika di Indonesia.

Downloads

Published

2025-06-12