Rekonstruksi alat peraga fluida dinamis berbasis pendekatan sainstekmas terhadap kemampuan psikomotor mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga fluida dinamis berbasis sainstekmas serta mendeskripsikan kemampuan psikomotor mahasiswa. Model pengembangan alat peraga dengan menggunakan model R&D (Research and Development)mengacu pada model pengembangan ADDIE ((A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation.). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengukuran hasil belajar kemampuan psikomotor menggunakan tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dengan alat mengumpul data berupa lembar observasi kemampuan psikomotor. Berdasarkan hasil temuan diperoleh bahwa validitas alat peraga fluida dinamis berbasis pendekatan saintekmas berkategori baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan kemampuan psikomotor mahasiswa melalui pembelajaran dengan menggunakan alat peraga berbasis pendekatan saintekmas pada materi fluida dinamis untuk nilai rata-rata keempat aspek penilaian antara lain moving sebesar 3,03; communicating sebesar 3,10; manipulating sebesar 3,10 dan creating sebesar 3,14. Nilai keempat aspek termasuk kategori cukup baik dengan nilai rata-rata masing-masing aspek 3,00 – 3,49. Persentase kemampuan psikomotor mahasiswa juga termasuk kategori mahir yaitu sekitar 41,5% ; terampil sebesar 50%; cukup mahir 6,5% dan tidak mahir 2%. Berdasarkan hasil temuan di atas dapat disimpulkan bahwa alat peraga yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran untuk mengajarkan kemampuan psikomotor.