Integrasi pembelajaran fisika berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi mekanika fluida

Authors

  • M U J Mukin Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandira
  • C M M Maing Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandira

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh integrasi model pembelajaran fisika berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi dinamika fluida. Desain penelitian ini mengikuti rancangan quasi experimental design dengan bentuk pretest-posttest nonequivalent control group design. Subjek penelitian untuk kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek terdiri dari 29 peserta didik di kelas XI MIA 1 SMA Plus Nusa Timor Sikumana Kota Kupang. Subjek penelitian untuk kelas kontrol dengan menerapkan model konvensional terdiri dari 30 peserta didik di kelas XI MIA 2 SMA Plus Nusa Timor Sikumana Kota Kupang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika berbasis proyek efektif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Terlihat dari adanya perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang dianalisis menggunakan N-Gains pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor peningkatan kelas eksperimen adalah 0,82 termasuk dalam kategori tinggi sedangkan skor peningkatan pada kelas kontrol adalah 0,27 yang termasuk ke dalam kategori rendah.

Downloads

Published

2025-06-12