Efektifitas Pembelajaran Fisika Daring Pada Masa Pdanemi Covid-19 di Indonesia

Authors

  • S N Rahma Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Suliyanah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • U A Deta Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada masa ini dunia dihadapkan dengan wabah Covid-19 yang melibatkan kekacauan dibeberapa segi kehidupan, tak terkecuali segi pendidikan. Indonesia sendiri menerapkan sistem pembelajaran online untuk mengurangi mobilitas serta kerumunan. Pada pembelajaran fisika SMA, peran guru sebagai fasilitator sangat diperlukan agar siswa tidak mengalami misskonsepsi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran fisika daring pada masa pdanemi Covid-19 di Indonesia. Metode penelitian ini adalah studi pustaka dengan mengkaji artikel terkait pelaksanaan pembelajaran fisika daring di SMA, selain itu juga dilakukan survey dan wawancara dengan guru fisika SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fisika daring di Indonesia masih menjadi kebutuhan di tengah pdanemi Covid-19. Pembelajaran Fisika daring memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang berpengaruh terhadap proses transfer ilmu yang berlangsung. Berdasarkan data hasil penelitian di atas, dapat diketahui bahwa pembelajaran Fisika daring pada masa pdanemi Covid-19 di Indonesia dinilai kurang efektif baik dari penyampaian maupun pemahaman materi. Hal tersebut dildanasi karena keterbatasan akses daring yang mengakibatkan siswa tidak dapat mengikuti proses pembelajaran sebagaimana mestinya. Oleh  karenanya, pemilihan platform serta media pembelajaran online sangat diperlukan agar materi fisika dapat tersampaikan dengan baik meskipun secara daring. Selain itu, peran Pemerintah sebagai pemangku kebijakan juga dibutuhkan untuk membuat strategi yang efektif dalam menghadapi pdanemi global seperti saat ini.

Downloads

Published

2025-06-12