Penggunaan Google Meet dalam Diskusi Kelompok: Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dimasa Pandemi Covid-19
Abstract
Telah dilakukan perbaikan pembelajaran selama pandemic covid-19 secara daring melalui Google Meet di kelas X SMAN 1 Krembung. Perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari langkah; perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Instrumen berupa lembar Tes dan Lembar Observasi. Hasil perbaikan menggunakan pembelajaran Google Meet dalam diskusi kelompok yang dalam pelaksanaannya dipadu dengan WhatsApp dan Google form dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah. Peningkatan aktivitas belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya persentase keaktifan belajar siswa. Pada siklus I persentase keaktifan siswa 66% dalam kriteria cukup menjadi 80% dalam kriteria baik pada siklus II. Hal ini menunjukkan persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah ini dapat dilihat pada rata-rata nilai kelas dan peningkatan persentase ketuntasan setelah diberikan treatment. Pada siklus I rata-rata nilai 65 dengan persentase 65% dan siklus II rata-rata 80.25 dengan persentase 80%.