Pengembangan media pembelajaran Phygamtion (Physics Game Education) berbasis android pada materi fluida dinamis

Authors

  • C Nissa Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • D R Darman Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • I S Utami Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran phygamtion dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Phygamtion (Physics Game Education) berbasis android pada materi fluida dinamis. Untuk mencapai tujuan penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dan bedasarkan pada model pengembangan 4-D (DefineDesignDevelop, dan Dissiminate). Hasil akhir produk berbentuk aplikasi. Untuk mengetahui tingkat kelayakan media phygamtion dilakukan uji validasi ahli berjumlah 5 ahli dan uji coba terbatas pada 30 siswa XII IPA 4 SMA Negeri 1 Ciruas dan pada 5 guru fisika sekolah. Bedasarkan hasil penelitian rata-rata skor penilaian ahli diperoleh persentase 90% dengan kategori sangat valid.  Hasil rata-rata skor respon siswa diperoleh persentase 90% dengan kategori sangat layak dan hasil rata-rata skor respon guru diperoleh persentase 93% dengan kategori sangat layak. Bedasarkan hasil yang diperoleh menunjukan  bahwa media pembelajaran phygamtion telah dikembangkan dan layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran pada materi fluida dinamis.

Downloads

Published

2025-06-12