Analisis kemampuan mahasiswa calon guru IPA dalam praktek pelaksanaan pembelajaran fisika di SMP Negeri 21 Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa calon guru IPA dalam melaksanakan praktek pembelajaran fisika di SMP Negeri 21 Surabaya. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan menilai perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan praktek pembelajaran fisika yang dilaksanakan berdasarkan instrumen penilaian yang telah dikembangkan oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Surabaya. Subyek penelitian adalah 4 (empat) mahasiswa yang sedang melaksanakan praktek pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika yang dikembangkan oleh mahasiswa sudah sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Kemampuan dalam praktek pembelajaran cukup baik. Sedangkan kemampuan yang masih perlu dtingkatkan adalah penguasaan kelas, penguasaan konsep fisika, kemampuan memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, dan keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran.