Keefektifan media mobile pocket book untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa
Abstract
Pendidikan merupakan faktor penting dalam kemajuan suatu bangsa. Salah satu kompetensi yang dibutuhkan siswa pada abad ke-21 adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis ini meliputi interpretasi, analisis, evaluasi, menyimpulkan, dan menjelaskan Penggunaan media pembelajaran juga sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu media yang dapat digunakan adalah mobile pocket book. Dalam mobile pocket book ini, materi dan latihan-latihan soal disajikan dan dikemas dalam bentuk yang menarik dan mudah sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan mobile pocket book dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan metode penelitian studi pustaka. Analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan mobile pocket book efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa.