Keefektifan media augmented reality untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan peserta didik pada abad ke-21. Keterampilan berpikir kritis yang dimaksud meliputi interpretasi, analisis, evaluasi, menyimpulkan, dan menjelaskan. Salah satu upaya melatihkan keterampilan berpikir kritis dapat menggunakan media augmented reality. Augmented reality sangat bermanfaat dalam meningkatkan proses belajar mengajar karena memilliki aspek-aspek visualisasi yang dapat menggugah minat peserta didik untuk memahami secara kongkret mateeri yang disampaikan melalui representasi visual tiga dimensi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan media augmented reality untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelusuran pustaka dengan sejumlah jurnal yang dapat dipertanggungjawabkan terkait dengan media augmented reality dan keterampilan berpikir kritis. Analisis penelitian menerapkan prosedur penelitian studi pustaka. Hasil penelusuran pustaka yang diperoleh menunjukkan bahwa media augmented reality efektif dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.