Pengembangan alat praktikum rangkaian listrik arus searah di kelas XII SMA

Authors

  • A Efendi Universitas Negeri Jakarta
  • F Bakri Universitas Negeri Jakarta
  • E Budi Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat praktikum rangkaian listrik arus searah untuk pembelajaran keterampilan proses sains di Kelas XII SMA. Alat praktikum ini digunakan sebagai media pembelajaran fisika SMA untuk menganalisis berbagai rangkaian pada rangkaian listrik arus searah (DC). Alat praktikum ini dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Alat praktikum rangkaian listrik arus searah dikembangkan dan di validasi oleh para ahli (ahli materi dan media pembelajaran), guru fisika, dan peserta didik. Instrumen validasi berupa kuesioner dengan 5 skala Likert dengan cakupan aspek yang ditinjau: aspek isi dan konsep materi; kesesuaian media dengan materi pembelajaran, efisiensi, keakuratan, estetika dan keamanan penggunaan alat praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat praktikum listrik arus searah mendapat nilai keseluruhan pada aspek materi sebesar 94,56% dengan interpretasi sangat baik. Alat praktikum mendapat nilai keseluruhan pada aspek media sebesar 73,4% dengan interpretasi baik. Alat praktikum mendapat nilai keseluruhan 82% oleh guru dan 86% oleh siswa dengan interpretasi sangat baik. Alat praktikum rangkaian listrik arus searah juga mendapat nilai gain ternormalisasi sebesar 0,3. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan siswa setelah melaksanakan praktikum dengan set praktikum rangkaian arus searah dengan interpretasi sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat praktikum rangkaian listrik arus searah yang dikembangkan layak dan diterima sebagai alat praktikum di SMA.

Author Biographies

A Efendi, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Pendidikan Alam

F Bakri, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Pendidikan Alam

E Budi, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Pendidikan Alam

Downloads

Published

2025-06-12