Pengaruh quantum learning method dan problem solving method terhadap hasil belajar fisika melalui high order thinking skill (HOTS) test
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan maksud mengetahui pengaruh metodeĀ quantum learningĀ dan metodeĀ problem solvingĀ terhadap hasil belajar fisika berbasisĀ HOTS TestĀ di kelas X SMAN 102 Jakarta. Penelitian dilakukan karena rendahnya rata-rata nilai hasil belajar fisika di kelas X. Metode penelitian yang digunakan yaituĀ pre-experimental designĀ dengan desain penelitianĀ one group pre-test-post-test, sedangkan teknik pengambilan sampel penelitiannya yaituĀ purposive sampling. Untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara metodeĀ quantum learningĀ dan metodeĀ problem solvingĀ terhadap hasil belajar (FhĀ = 32,78 >Ā FtĀ = 4,01); 2) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara siswa yang diberikan perlakuan secara kelompok dan individu dengan menggunakan metodeĀ quantum learningĀ dan metodeĀ problem solvingĀ terhadap hasil belajar (FhĀ = 55,47 >Ā FtĀ = 4,01); 3) terdapat interaksi yang sangat signifikan antara antara metodeĀ quantum learningĀ dan metodeĀ problem solvingĀ terhadap hasil belajar (FhĀ = 1,82 <Ā FtĀ = 4,01); 4) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara metodeĀ quantum learningĀ dengan perlakuan kelompok dan metodeĀ problem solving dengan perlakuan kelompokĀ tehadap hasil belajar (šā= 4,49 >
šš”šššš (š¼=0.05) = 3,65) ; 5) Ā terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara metodeĀ quantum learningĀ dengan perlakuan individu dan metodeĀ problem solving dengan perlakuan individu terhadap hasil belajar (šā= 6,99 > šš”šššš(š¼=0.05) = 3,65).Ā