Pengaruh quantum learning method dan problem solving method terhadap hasil belajar fisika melalui high order thinking skill (HOTS) test

Authors

  • E Umiati Universias Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • T I Hartini Universias Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • F C A Burhend Universias Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan maksud mengetahui pengaruh metodeĀ quantum learningĀ dan metodeĀ problem solvingĀ terhadap hasil belajar fisika berbasisĀ HOTS TestĀ di kelas X SMAN 102 Jakarta. Penelitian dilakukan karena rendahnya rata-rata nilai hasil belajar fisika di kelas X. Metode penelitian yang digunakan yaituĀ pre-experimental designĀ dengan desain penelitianĀ one group pre-test-post-test, sedangkan teknik pengambilan sampel penelitiannya yaituĀ purposive sampling. Untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara metodeĀ quantum learningĀ dan metodeĀ problem solvingĀ terhadap hasil belajar (FhĀ = 32,78 >Ā FtĀ = 4,01); 2) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara siswa yang diberikan perlakuan secara kelompok dan individu dengan menggunakan metodeĀ quantum learningĀ dan metodeĀ problem solvingĀ terhadap hasil belajar (FhĀ = 55,47 >Ā FtĀ = 4,01); 3) terdapat interaksi yang sangat signifikan antara antara metodeĀ quantum learningĀ dan metodeĀ problem solvingĀ terhadap hasil belajar (FhĀ = 1,82 <Ā FtĀ = 4,01); 4) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara metodeĀ quantum learningĀ dengan perlakuan kelompok dan metodeĀ problem solving dengan perlakuan kelompokĀ  tehadap hasil belajar (š‘„ā„Ž= 4,49 >
š‘„š‘”š‘Žš‘š‘’š‘™ (š›¼=0.05) = 3,65) ; 5) Ā terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara metodeĀ quantum learningĀ dengan perlakuan individu dan metodeĀ problem solving dengan perlakuan individu terhadap hasil belajar (š‘„ā„Ž= 6,99 > š‘„š‘”š‘Žš‘š‘’š‘™(š›¼=0.05) = 3,65).Ā 

Author Biographies

E Umiati, Universias Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Program Studi Pendidikan Fisika

T I Hartini, Universias Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Program Studi Pendidikan Fisika

F C A Burhend, Universias Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Program Studi Pendidikan Fisika

Downloads

Published

2025-06-12