Pengembangan Augmented Physics Animation Berbasis Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction (ALBICI) Model Pada Materi Optik
Abstract
Ketersediaan media pembelajaran augmented reality berbasis model ALBICI sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, karena mampu menjadikan pembelajaran berpusat pada siswa. Augmented reality dapat didefinisikan sebagai teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata kemudian memunculkannya secara real time. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan augmented reality pada materi optik. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode penelitian R & D dengan model pengembangan ADDIE. Pelaksanaan model penelitian terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi dan (5) evaluasi. Selanjutnya, untuk mengetahui tingkat kelayakan aplikasi APA optik yang dibuat yaitu dengan melakukan uji validasi ahli dan uji coba terbatas terhadap 20 orang peserta didik kelas XI MIA di SMAN 1 Ciomas. Hasil pengembangan ini berupa aplikasi APA optik yang terdiri dari tujuan pembuatan, petunjuk penggunaan, AR animasi, AR kamera, quis dan tentang. Hasil penilaian kelayakan aplikasi APA optik oleh ahli diperoleh presentase penilaian sebesar 93% dengan kategori sangat baik, dan uji coba produk menghasilkan respon yang sangat baik dengan presentase penilaian secara keseluruhan sebesar 87%. Simpulan dari penelitian ini yaitu aplikasi APA optik berbasis model ALBICI pada materi optik telah berhasil dikembangkan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.