Pencapaian kemampuan physics problem solving pada peserta didik SMA menggunakan model problem-based learning

Authors

  • S N Mufida Universitas Negeri Surabaya
  • W Setyarsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik untuk menghadapi tantangan abad 21 adalah kemampuan problem solving. Berbagai macam masalah kontekstual tidak pernah lepas dari kajian fisika, sementara di lain pihak peserta didik SMA belum terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual. Penelitian ini akan mengungkap kemampuan physics problem solving peserta didik setelah dilatih menggunakan strategi problem solving dalam pembelajaran fisika melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL). Pembelajaran dilakukan pada peserta didik di salah satu SMA di Surabaya. Penelitian pre-experimental ini menggunakan rancangan one-group pre-test post-test design dengan subjek penelitian 3 kelas (eksperimen, replikasi I, dan replikasi II) dan diberi pembelajaran sama yaitu menerapkan PBL. Instrumen untuk mengukur kemampuan problem solving peserta didik berupa soal uraian dengan pendekatan masalah kontekstual yang disesuaikan dengan indikator pembelajaran. Data hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan N-gain, uji t-berpasangan, dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan physics problem solving peserta didik dapat dicapai setelah dilatihkan dalam pembelajaran yang menerapkan Problem-Based Learning. Pencapaian kemampuan physics problem solving peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan pada ? sebesar 5% dalam kategori sedang, dengan rata-rata peningkatan kemampuan yang konsisten pada ketiga kelas.

Author Biographies

S N Mufida, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

W Setyarsih, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Downloads

Published

2025-06-12