Pelatihan alat-alat laboratorium IPA-Optika pada guru SMP se-Kabupaten Mojokerto
Abstract
Mata pelajaran IPA dalam hal ini materi optik merupakan salah satu materi IPA di Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) yang sulit untuk dipahami siswa. Untuk mempermudah siswa dalam memahami materi optik ini, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan ialah alat peraga IPA-Optika. Penggunakan alat-alat laboratorium / peraga IPA-Optika di dalam pembelajaran IPA digunakan sebagai media pembelajaran sangat berguna guna mempermudah siswa dalam memahami materi. Tujuan diadakannya pelatihan penggunaan alat-alat peraga IPA-Optika di SMP Se-kabupaten Mojokerto ialah untuk meningkatkan pemahaman serta pengalaman Guru IPA dalam penggunaan alat-alat pratikum IPA-Optika. Selain itu, diadakannya pelatihan ini dapat mengefektifkan penggunaan alat-alat peraga IPA yang ada di laboratorium di sekolah. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan kepada 36 guru IPA SMP di Kabupaten Mojokerto, tentang merancang, membuat, dan menggunakan alat peraga IPA-Optika. Pelatihan dilakukan di Ruang Laboratorium IPA SMPN 4 Mojokerto. Hasil pengabdian pada masyarakat menunjukkan bahwa peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup baik dalam merancang alat peraga serta peserta pelatihan cukup terampil dalam menggunakan alat peraga IPA-Optika.