Pendidikan sains–religi sebagai upaya melatih kemampuan analisis dan evaluasi siswa di sekolah-sekolah Islam Lamongan
Abstract
Penelitian yang telah dilaksanakan selama satu semester oleh sekolah–sekolah mitra yang telah ditentukan di Lamongan ini memiliki tujuan umum yakni untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran yang mengintegrasikan antara sains dan religi. Namun, kali ini penelitian ditujukan secara khusus untuk mengukur seberapa besar efektif pendidikan sains–religi terhadap kemampuan analisis dan evaluasi siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pre-test dan post-test, penugasan, serta observasi kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs. Roudlotul Qur’an lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan sains–religi mampu meningkatkan kemampuan analisis dan evaluasi siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil nilai post-test yang mengalami kenaikan dibandingkan dengan hasil pre-test, hasil observasi selama kegiatan belajarpun menunjukkan bahwa siswa mampu melatih kemampuan analisis dan evaluasi secara efektif dengan mengintegrasikan antara sains dengan religi. Latar belakang kemampuan awal siswa dalam mengevaluasi dan menganalisis persoalan yang dinilai cukup heterogen menjadi salah satu kendala terlaksananya pendidikan sains yang terintegrasi dengan religi.