Penerapan strategi Means Ends Analysis (MEA) untuk meningkatkan problem solving siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi dinamika rotasi dan pada sub materi momen gaya, momen kopel, dan momen inersia setelah menerapkan strategi pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran MEA pada sub materi momen gaya, momen kopel, dan momen inersia. Penelitian ini menggunakan metode one group pre-test post-test design dengan menggunakan 2 kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMAN 4 Sidoarjo, setelah keduanya memenuhi uji syarat penelitian. Penelitian dimulai dengan memberikan pre-test pada sampel penelitian, lalu dilakukan kegiatan pembelajaran, dan terakhir pemberian post-tes untuk mengetahui peningkatan keterampilan problem solving siswa dengan strategi pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t dan N-gain. Hasil dari uji t dan N-gain mengalami peningkatan. Hasil dari N-gain dari kelas XI IPA 4 adalah 0,84 dan kelas XI IPA 2 adalah 0,79. Hasil uji t dari kelas eksperimen I dan II menggunakan thitung>ttabel. Hasil N-gain dari kelas eksperimen I dan II menggunakan thitung>ttabel dan didapatkan hasil terjadi peningkatan keterampilan pemecahan masalah peseta didik.