Pembelajaran listrik dinamis menggunakan kit praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses sains

Authors

  • R Aliyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran listrik dinamis menggunakan kit praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan desain penerapan Control Group Pretest Postest Design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen yaitu XI IPA 2 dan kelas kontrol yaitu XI IPA 3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode obseravasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t-berpasangan, dan n-gain, serta analisis angket respon. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan dengan n-gain kategori sedang, (2) respon peserta didik terhadap pembelajaran fisika menggunakan kit praktikum sangat baik dengan persentase 75,68% Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kit praktikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Author Biography

R Aliyah, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Fisika,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Downloads

Published

2025-06-12