Implementasi model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan IPA pada materi suhu dan kalor siswa SMPN 21 Surabaya

Authors

  • W Maryuni SMP Negeri 21 Surabaya
  • H Kuriawati SMP Negeri 21 Surabaya
  • T Novita SMP Negeri 21 Surabaya
  • R Mustikaweni Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan IPA pada materi suhu dan kalor siswa melalui penerapan model inkuri terbimbing. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII C SMPN 21 Surabaya sejumlah 39 siswa. Fokus penelitian ini adalah mendiskripsikan penguasaan konsep dan peningkatan keterampila IPA siswa setelah siswa belajar dengan menggunakan model penemuan terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design dengan instrumen penelitian adalah tes penguasaan konsep IPA dan lembar observasi keterampilan IPA untuk materi Suhu dan Kalor.  Instrumen soal-soal tes tentang suhu dan kalor dikembangkan peneliti sesuai dengan kurikulum IPA. Data yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan penguasaan konsep IPA.  Hal ini bisa dilihat dari hasil uji t bahwa nilai thitung (26,61) >nilai ttabel (11,10). Selain itu keterampilan IPA pada materi Suhu dan Kalor juga meningkat. Hasil ini bisa dilihat dengan membandingkan nilai keterampilan rata-rata pada pertemuan pertama (3,59) dan kedua (3,95). Nilai rerata keterampilan IPA pada pertemuan kedua lebih tinggi dibandingkan nilai rerata pada pertemuan pertama. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan model penemuan terbimbing dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan IPA siswa siswa SMPN 21 Surabaya.

Downloads

Published

2025-06-12