Implementasi guided inquiry lab’s: analisis keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 1 Ngimbang berbasis hands on dan minds on
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis keterampilan proses sains siswa setelah diimplementasikan guided inquiry labs pada materi Getaran Harmonis di SMA Negeri 1 Ngimbang. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengikuti desain penelitian One group pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Ngimbang. Berdasarkan analisis data dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi kinerja dalam melakukan percobaan, dan lembar pre-test dan post-test, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Guided Inquiry Labs di SMA Negeri 1 Ngimbang pada materi getaran harmonis dapat meningkatkan keterampilan proses sains di ketiga kelas tersebut secara signifikan dengan nilai rata-rata n-gain sebesar 0,71 berkategori tinggi (minds on). Jika dinalisis lebih mendalam keterampilan proses sains siswa berbasis minds on didapatkan hasil rata-rata 84,07 dengan kategori sangat baik. Keterampilan proses sains siswa berbasis hands on dari hasil analisis didapatkan hasil rata-rata 84,85 dengan kategori sangat baik.