Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based-learning (PBL) pada Materi Tekanan untuk Siswa Kelas VIII SMP

Authors

  • M Aulia Program Studi Tadris (Pendidikan) Fisika, FTIK, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya, Jalan George Obos No.24 Palangkaraya
  • Normilawati Program Studi Tadris (Pendidikan) Fisika, FTIK, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya, Jalan George Obos No. 24, Palangkaraya
  • H Yuliani Program Studi Tadris (Pendidikan) Fisika, FTIK, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya, Jalan George Obos No. 24, Palangkaraya

Abstract

Faktor utama yang menyebabkan pelajaran fisika dianggap sulit yaitu kurang tepatnya guru dalam memilih media serta model pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu dibuatlah Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai media pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based-Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar berbentuk Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based-Learning pada materi tekanan untuk siswa kelas VIII SMP yang valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validitas yang diberikan validator. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Research and Development (R & D) dengan mengacu model 4-D yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Penelitian dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan karena keterbatasan waktu. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKS ini adalah angket ahli. Dari hasil penilaian diperoleh nilai kevalidan sebesar 3,85 dari nilai maksimum 5 atau sebesar 77% yang termasuk kategori layak. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based-Learning (PBL) pada materi tekanan untuk siswa kelas VIII SMP layak untuk digunakan sebagai bahan ajar guru. 

Downloads

Published

2025-06-12