Analisis kebutuhan lembar kerja siswa (LKS) berbasis problem-based learning (PBL) pada materi tekanan di SMP kelas VIII
Abstract
Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang mana berguna sebagai petunjuk dalam melakukan suatu kegiatan seperti halnya pada pemecahan masalah dalam fisika. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kendala siswa dalam memahami materi fisika; 2) menganalisis kebutuhan siswa terhadap LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk melatihkan konsep tekanan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sampit. Teknik yang digunakan dalam memperoleh informasi dan data yaitu dengan penyebaran angket yang dilakukan secara online kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sampit. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode penelitian 3 D (define, design, develop). Peneliti membatasi penelitian ini sampai tahap define. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) kendala siswa dalam memahami materi fisika yaitu kurang memahami konsep sehingga membuat siswa sulit dalam mengaplikasikan rumus fisika; 2) siswa membutuhkan lembar kerja siswa berbasis PBL sesuai data yang diperoleh yaitu sebesar 96 % siswa menjawab setuju diperlukannya pengembangan LKS berbasis PBL dan LKS berbasis PBL dapat membantu siswa dalam memahami fisika khususnya pada materi tekanan sebesar 100%.