Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Web pada Pokok Bahasan Efek Doppler di SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kendala yang dialami siswa dalam pemahaman materi fisika selama masa pandemi Covid-19; 2) mengetahui media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar dikelas; 3) mengemukakan media pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran fisika; 4) mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan media komik berbasis web pada topik efek Doppler di SMA. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan metode penelitian 3D (define, design, develop). Penelitian ini hanya pada tahap define. Metode yang digunakan dalam pengumpulan informasi dan data adalah penyebaran angket secara online kepada siswa kelas XI dan XII di SMAN 4 Muara Teweh. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengumpulan angket menyimpulkan bahwa 1) Terdapat kendala yang dialami siswa dalam pemahaman materi dikarenakan sistem belajar online yang dilakukan selama masa pandemi covid-19. 2) Media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar antara lain: LKS, PPT, Animasi, Website edukasi, PDF, video pembelajaran, dan simulasi. 3) Media pembelajaran komik perlu dikembangkan dalam pembelajaran fisika khusunya pada materi efek Doppler untuk membantu dalam pemahaman materi. 4) Sebanyak 91% siswa membutuhkan media pembelajaran komik berbasis web pada materi efek Doppler dan sebanyak 56% siswa yang mengatakan bahwa komik dapat membantu dalam pemahaman materi fisika.