Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Web Pada Pokok Bahasan Efek Doppler untuk SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika menggunakan komik berbasis WEB pada pokok bahasan efek Doppler untuk SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan menggunakan metode penelitian 4D (define, design, develop, disseminate). Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap develop (pengembangan) dikarenakan adanya keterbatasan waktu. Metode pengumpulan informasi dan data pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Validasi data dilakukan oleh ahli media dan materi. Persepsi dari para ahli digali melalui angket dan analisis secara deskriptif menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan pada uji kelayakan isi oleh ahli media mendapatkan perolehan skor rata-rata 2,875 dengan persentase 57,5% kriteria cukup layak dan oleh ahli materi mendapatkan perolehan skor rata-rata 4,56 dengan persentase 91,1% kriteria sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran komik berbasis WEB pada topik efek Doppler untuk SMA dinyatakan valid dan layak digunakan untuk mendukung pembelajaran fisika di SMA untuk pokok bahasan efek Doppler