Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Moodle pada Materi Fisika
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis inkuiri terbimbing berbantuan moodle pada materi fisika dan untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap media pembelajaran flipbook berbasis inkuiri terbimbing berbantuan moodle pada materi fisika. Metode yang digunakan dalam ini adalah Research and Development (R&D). Pengembangan produk ini hanya sampai tahap revisi uji lapangan awal karena waktu yang tidak memungkinkan. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner dan lembar validasi produk. Hasil penelitian ini berupa validasi ahli dan angket guru dan siswa, validasi ahli terdiri dari dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Pada ahli media yang menunjukkan nilai sebesar 72%. Ahli media yang menunjukkan nilai sebesar 94%. Angket respon guru memperoleh persentase sebesar 96%. Angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 83%. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran flipbook berbasis inkuiri terbimbing berbntuan moodle memenuhi standar untuk layak digunakan dalm proses pembelajaran.