Analisis Kebutuhan Modul Digital Bermuatan Literasi Sains pada Mata Pelajaran Fisika

Authors

  • F D Sasmita Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Indonesia
  • M Arifuddin Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Indonesia
  • S Mahtari Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi telah melahirkan berbagai inovasi dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran fisika, diantaranya melalui penggunaan modul digital. Mendukung peningkatan mutu pembelajaran fisika, proses pembelajaran hendaknya juga disertai dengan pembekalan keterampilan literasi sains. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis kebutuhan peserta didik terhadap modul digital, dan (2) menganalisis kebutuhan peserta didik terhadap modul bermuatan literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru fisika kelas X dan 271 peserta didik kelas X program MIPA SMA Negeri 7 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan kuesioner. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, pengorganisasian data, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dibutuhkan pengembangan terhadap buku pelajaran fisika yang dilengkapi dengan media visual dan audio-visual serta dapat diakses melalui perangkat smartphone; (2) dibutuhkan buku pelajaran fisika yang memuat pengetahuan dan informasi di luar paparan materi dan latihan soal dengan mengacu pada indikator-indikator literasi sains. Dengan demikian, diperoleh simpulan bahwa dibutuhkan modul digital bermuatan literasi sains sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran fisika.

Downloads

Published

2025-06-12