Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android melalui Pendekatan Etnosains sebagai Upaya Pengembangan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pembelajaran fisika yang ada selama pembelajaran daring. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan baik secara studi literatur dan studi lapangan dihasilkan bahwa perlu adanya media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dalam rangka mempermudah proses pembelajaran fisika jarak jauh dan belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kelayakan media pembelajaran fisika berbasis android melalui pendekatan etnosains pada materi usaha dan energi sebagai upaya pengembangan kemampuan literasi sains mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Produk yang dikembangkan dinilai oleh ahli media dan ahli materi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil analisis kelayakan dari ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa produk media pembelajaran fisika berbasis android melalui pendekatan etnosains menunjukkan kriteria sangat baik. Sedangkan uji keterbacaan media pembelajaran fisika berbasis android melalui pendekatan etnosains diberikan kepada 60 mahasiswa memberikan respon sangat setuju dengan adanya produk ini.