Pembelajaran fisika dengan Google Classroom dalam keterampilan memecahkan masalah

Authors

  • S A Permatasari Jurusan Fisika FMIPA, Universitas Negeri Surabaya Jl Ketintang, Gd C3 Lt 1, Surabaya 60231

Abstract

Kondisi pandemik yang cukup serius memaksa guru dan siswa untuk bisa bekerja dan belajar dari rumah. Hal ini tentunya memiliki tantangan tersendiri agar proses pembelajaran tetap berlangsung. Ada begitu banyak platform pembelajaran daring yang bisa digunakan. Salah satunya adalah Google Classroom. Walaupun terlihat sederhana untuk digunakan namun rupanya tidak semua guru siap untuk menggunakan Google Classroom. Terlebih ketika para guru belum memiliki persiapan dalam mengajar secara daring dan juga materi ajar pada mata pelajaran fisika seperti fenomena kehidupan sehari-hari dan juga rumus-rumus. Dengan menggunakan metode penelusuran pustaka, artikel ini akan memaparkan kelebihan penggunaan Google Classroom dan bagaimana mensiasati tantangan yang dihadapi oleh para guru dan siswa. Artikel ini mencoba untuk mencari celah dimana keterampilan pemecahan masalah tetap dapat diajarkan dalam kondisi yang minim interaksi langsung antara guru dan siswa. Keterampilan pemecahan masalah adalah kemampuan dalam mengidentifikasi suatu masalah dan mengetahui solusi dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Langkah yang dapat digunakan untuk menumbuhkan kemampuan dalam pemecahan masalah adalah dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat. Hasil dari penelusuran pustaka ini akan berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran berbasis daring yang memang menjadi kebutuhan di masa pandemik maupun menghadapi tuntutan era revolusi industri 4.0.

Downloads

Published

2025-06-12