Efektivitas Penerapan Laboratorium Virtual (Physics Education Technology, Phet) pada Pembelajaran Fisika Materi Hukum Coulomb di MAN 2 Trenggalek

Authors

  • R Dwiasih MAN 2 Trenggalek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fisika setelah pembelajaran menggunakan media laboratorium virtual (Physics Education Technology, Phet). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan tes dan angket. Adapun variabel bebasnya yaitu pembelajaran menggunakan laboratorium virtual, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar Fisika materi Hukum Coulomb. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan jumlah  25. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis dan angket. Hasil analisis menunjukkan skor rata-rata hasil belajar sebelum pembelajaran menggunakan media laboratorium virtual (Phet) sebesar 6,10, dan setelah pembelajaran mengguanakan  media laboratorium virtual (Phet) sebesar 8,20, sedangkan peningkatan hasil belajar Fisika setelah pembelajaran menggunakan laboratorium virtual (Phet) sebesar 34,4%. Peningkatan hasil belajar dan didukung oleh hasil pernyataan siswa melalui angket, pembelajaran dengan menggunakan laboratorium virtual (Phet) sangat efektif untuk diterapkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fisika setelah pembelajaran menggunakan media laboratorium virtual (Physics Education Technology, Phet). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan tes dan angket. Adapun variabel bebasnya yaitu pembelajaran menggunakan laboratorium virtual, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar Fisika materi Hukum Coulomb. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan jumlah  25. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis dan angket. Hasil analisis menunjukkan skor rata-rata hasil belajar sebelum pembelajaran menggunakan media laboratorium virtual (Phet) sebesar 6,10, dan setelah pembelajaran mengguanakan  media laboratorium virtual (Phet) sebesar 8,20, sedangkan peningkatan hasil belajar Fisika setelah pembelajaran menggunakan laboratorium virtual (Phet) sebesar 34,4%. Peningkatan hasil belajar dan didukung oleh hasil pernyataan siswa melalui angket, pembelajaran dengan menggunakan laboratorium virtual (Phet) sangat efektif untuk diterapkan.

Downloads

Published

2025-06-12