Keefektifan penerapan laboratorium virtual (PhET) Berbasis STEM dan keterampilan penyelesaian masalah
Abstract
Penerapan pembelajaran jarak jauh (daring) sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di seluruh dunia berdampak pada jutaan pelajar, tidak terkecuali di Indonesia. Dalam pembelajaran secara online saat ini tentunya akan mempengaruhi akademik siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan begitu banyak pula suatu media pembelajaran yang telah ada serta dapat digunakan dalam pembelajaran online salah satunya yaitu Laboratorium Virtual (PhET). Laboratorium Virtual (PhET) merupakan salah satu alternatif solusi pelengkap atas permasalahan yang terjadi saat ini. Dengan menggunakan metode penelusuran pustaka, artikel ini akan memaparkan kelebihan penggunaan Laboratorium Virtual (PhET) secara online dalam proses keterampilan penyelesaian masalah. Keterampilan penyelesaian masalah disini kemampuan siswa untuk menemukan solusi melalui suatu proses yang melibatkan pemerolehan dan pengorganisasian informasi. Hasil dari penelusuran pustaka ini akan berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran berbasis daring.