Analisis Keterkaitan Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis

Authors

  • N F Karira Program Studi Pendidikan Fisika, Universita Negeri Surabaya
  • T Sunarti Program Studi Pendidikan Fisika, Universita Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis keterkaitan kemampuan literasi sains dengan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literatur (library research) dengan menggunakan teori dan artikel dari berbagai jurnal sebagai data. Terdapat tiga tahapan pada penelitian ini yaitu pencarian sumber, kajian teoritis  dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian teoritis diketahui terdapat keterkaitan yang erat pada keterampilan berpikir kritis dan kemampuan literasi sains. Pada komepetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah dibutuhkan keterampilan berpikir kritis ekspalansi, interpretasi dan analisis; pada kompetensi merancang dan mengevalusi penyelidikan ilimiah dibutuhkan keterampilan berpikir kritis analisis, evaluasi dan eksplanasi; dan pada kompetensi menafsirkan bukti dan data ilmiah dibutuhkan keterampilan berpikir kritis analisis, dan inferensi.

Downloads

Published

2025-06-12