Millealab Media Pembelajaran Fisika Berbasis Virtual Reality untuk Mengajarkan Topik Pemanasan Global
Abstract
Artikel ini membahas penggunaan Millealab untuk mengembangkan media pembelajaran virtual yang mengikuti perkembangan zaman. Proses pembelajaran saat ini semakin berkembang dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran untuk dapat meningkatkan pemahaman terkait konsep dan teori tertentu. Rancangan penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis Virtual Reality (VR). VR merupakan teknologi berbasis komputer yang dapat menyajikan gambaran dunia nyata pada dunia imajinasi dalam bentuk tiga dimensi disertai dengan audio yang dapat digunakan dalam waktu bersamaan. Topik pemanasan global dipilih karena topik ini sangat sesuai dengan isu lingkungan yang dari hari ke hari semakin memprihatinkan. Selain itu dengan menghadirkan fenomena pemanasan dalam kemasan VR diharapkan dapat menarik minat belajar siswa yang secara tidak langsung turut mendukung salah satu tujuan Sustainable Development Goals yaitu Penanganan Iklim. Software yang digunakan untuk membuat konten VR dalam penelitian ini adalah Millealab. Software ini dikembangkan oleh generasi muda Indonesia yang tergabung dalam Millealab Future Education. Metode yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Adapun rancangan penelitian untuk pengembangan media ini masih dalam tahap penyempurnaan dengan beberapa langkah yang telah dilakukan antara lain analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, dan desain produk. Hasil penelitian kali ini menunjukkan bahwa Millealab dapat digunakan sebagai sarana membuat media pembelajaran pemanasan global berbasis virtual reality untuk siswa SMA kelas XI yang valid dan efektif.