KETERCAPAIAN KONSEP HUKUM BERNOULLI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN AEROMODELLING
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemahaman konsep fisika pada siswa. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang tidak ada peningkatan, penguasaan konsep fisika yang tidak mencapai target, serta kurangnya keantusiasan dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, peneliti mencoba membuat trobosan baru untuk mengatasi beberapa masalah diatasdengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan Aeromodelling yang memberikan kesempatan secara langsung kepada siswa untuk bereksperiment guna meningkatkan pemahaman konsep-konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan model Project Based Learning berbantuan Aeromodelling terhadap ketercapaian konsep hukum Bernoulli. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 4 dengan sampel kelas XI mipa 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI mipa 2 sebagai kelas eksperiment dengan jumlah siswa 36. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, LKS dan buku siswa. Berdasakan hasil penelitian ditinjau dari nilai rata-rata post test, nilai posttest kelas eksperimen adalah 86,47 dan nilai posttest kelas kontrol adalah 80,88. Dan berdasarkan hasil uji t nilai angka signifikansi 0.012< 0.05, hasil ini dapat diinterpretasi Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Project Based Learning berbantuan Aeromodelling terhadap ketercapaian konsep hukum Bernoulli.