Analisis Bibliometrik Penggunaan E-Learning Moodle dalam Pembelajaran Fisika

Authors

  • S L Tsalist Study Program of Physics Education, Universitas Negeri Surabaya
  • M Habibulloh Study Program of Physics Education, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian mengenai analisis bibliometric penggunaan e-learning moodle dalam media pembelajaran fisika ini dilakukan dengan tujuan untuk memetakan trend penelitian, penulis, dan negara yang memberikan kontribusi dalam penelitian Penggunaan E-Learning dalam Media pembelajaran fisika, sehingga dapat diperoleh tren dan peluang penelitian terbaru tentang topik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan bibliometrik kuantitatif. Jumlah publikasi yang dianalisis adalah 58 dokumen publikasi tahun 2016-2022, metadata yang diperoleh dari database Scopus dan dianalisis menggunakan software VOSviewer. Hasil ekstraksi metadata menunjukkan terdapat 6 cluster dengan kata kunci yang paling banyak muncul adalah e-Learning, Physics, dan Moodle. Selain itu, penulis juga berjumlah 10 sehingga penelitian lanjutan dari publikasi sebelumnya tentang topik ini masih terbatas. Pemeringkatan tiap negara paling banyak diperoleh Rusia, didapatkan juga bahwa e-learning berhubungan dengan pembelajaran fisika sehingga peluang penelitian masa depan dengan topik ini kemungkinan akan semakin meningkat setiap tahunnya dan masih relevan untuk penelitian dikarenakan pada masa yang akan datang pembelajaran dengan e-learning moodle akan terus dibutuhkan. Dari hasil penelitian ini, diharapkan guru dapat mempertimbangkan menerapkan E-Learning Moodle untuk pembelajaran Fisika untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif.

Downloads

Published

2025-06-12