Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) – STEM dalam Pembelajaran Fisika Tahun 2011-2021
Abstract
Perubahan dinamis pada abad 21 pemicu pendidikan untuk menghasilkan generasi yang lebih baik sebagai penerus bangsa. PjBL-STEM merupakan model pembelajaran berbasis proyek untuk menyelesaikan permasalahan yang dilandasi aspek – aspek STEM yaitu sains, teknologi, teknik, dan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM dalam pembelajaran Fisika ditinjau dari distribusi bibliometrik. Analisis dilakukan dengan mengambil data yang bersumber dari database scopus menggunakan kata kunci “pjbl, STEM, physics learning” pada tahun 2011 - 2021. Pemetaan data menggunakan software VOS Viewer. Data yang diperoleh sebanyak 102 dokumen. Jadi, dari data yang diperoleh hubungan yang paling signifikan dengan menerapkan model pembelajaran project based learning terintegrasi dalam konteks pembelajaran fisika adalah topik kemampuan berpikir kritis, motivasi, kreativitas, keterampilan memecahkan masalah, dan kerjasama. materi pelajaran yang banyak dipakai berkaitan dengan topik energi alternatif. Selain model pembelajaran berbasis proyek, model pembelajaran lain yang diintegrasikan dengan STEM adalah pembelajaran berbasis masalah. Kegiatan pembelajaran fisika yang menerapkan model pjbl – STEM yaitu kegiatan eksperimen baik di laboratorium maupun tidak di lab.