Tren Penelitian Subject Specific Pedagogy (SSP) 2017-2022
Abstract
Pendidik harus meningkatkan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Oleh karena itu, pendidik dituntut untuk melatih kemampuannya dalam merancang pembelajaran. Salah satu cara merancang pembelajaran adalah dengan menggunakan Subject Specific Pedagogy (SSP). SSP mengemas bidang studi menjadi perangkat pembelajaran yang komprehensif dan solid. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren publikasi penelitian SSP 2017-2022 dalam hal distribusi blibiometrik. Data yang diperoleh sebanyak 999 data dan diambil dengan menggunakan database Google Scholar melalui Publish or Perish (PoP) dengan kata kunci “Subject Specific Pedagogy” dari tahun 2017-2022. Pemetaan data menggunakan software VOS Viewer. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa topik SSP berkaitan dengan penelitian, pengembangan, pengembangan profesional, pendidikan guru, materi pelajaran, dan pedagogi umum. Hasil visualisasi menunjukkan bahwa pengembangan SSP dengan menggunakan pendekatan pembelajaran dapat meningkatkan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas yang merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan di abad 21. Materi pelajaran yang digunakan dapat berupa kurikulum berbasis konteks.