The Promoting Sustainable Business through the Synergy of Cultural Awareness and Entrepreneurial Skills among Women in the Sandwich Generation
Cultural Awareness and Entrepreneurial Skills among Women in the Sandwich Generation
Abstract
Tren perempuan berwirausaha terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun(Tambrin, 2019). Isu tentang pemberdayaan perempuan telah menjadi pembahasan global termasuk dalam tujuan yang tertuang pada Sustainable Development Goals (SDGs) tentang kesetaraan gender dan upaya pemberdayaan perempuan dan anak perempuan. Pemberdayaan perempuan tidak hanya dalam berwirausaha, melainkan juga menjaga eksistensi budaya agar tetap berkelanjutan dengan tetap mempertahankan ramah lingkungan. Dalam berbisnis. Entrepreneurial tradition yang dilakukan perempuan ditandai dengan sinergi nilai-nilai budaya dan green entrepreneurship. Orientasi untuk proaktif, berinovasi merupakan bagian dari orientasi entrepreneurship. Penelitian ini memberikan kajian tentang perempuan yang memilih berwirausaha dengan mempertahankan budaya dalam perspektif kajian teoritis yang digabungkan dengan kajian empiris tentang Women Empowerment, Sandwich Generation. Urgensi penelitian terletak pada upaya memberikan solusi pemberdayaan ekonomi bagi perempuan sandwich generation melalui penguatan keterampilan kewirausahaan berbasis budaya. Mengingat tantangan ekonomi, psikologis, dan sosial yang komplek yang dihadapi perempuan sandwich generation. Hasil kajian menunjukkan bahwa perempuan generasi sandwich memiliki peran kompleks sebagai pencari nafkah dan memeilihara keluarga. Menjadi entrepreneur menjadi solusi agar dapat mensinergikan tanggung jawab finansial, menjaga budaya agar tetap lestari. Kajian ini menegaskan bahwa pemberdayaan perempuan sandwich generation pencapaian tujuan SDGs, terutama kesetaraan gender, pertumbuhan ekonomi inklusif, dan penguatan peran ekonomi keluarga.