Peran Influencer dan Key Opinion Leaders (KOL) dalam Pemasaran Skincare: Suatu Tinjauan Sistematis terhadap Strategi Meningkatkan Brand Awareness

Analisis terhadap Efektivitas Mikro dan Makro Influencer di Media Sosial

Authors

  • Vianda Karenia Putri Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya
  • Yusuf Bagus Ardhiasa Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Afiqurrohman Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya
  • Hotma Uli Arta Sitorus Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

social media influencer, brand awareness, digital marketing, social media

Abstract

Dalam era digital, pemasaran melalui Influencer dan Key Opinion Leaders (KOLs) telah menjadi strategi yang populer, khususnya dalam industri skincare, untuk meningkatkan brand awareness. Penelitian ini merupakan tinjauan sistematis yang bertujuan mengevaluasi peran influencer dan KOL dalam strategi pemasaran skincare yang berfokus pada peningkatan kesadaran merek. Kajian ini menganalisis literatur akademik terindeks Scopus dengan kriteria inklusi tertentu, serta menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner terhadap 33 responden. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun influencer dan KOL populer di media sosial, tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan brand awareness. Faktor-faktor seperti kredibilitas, kesesuaian antara persona dengan merek, dan keterlibatan audiens sangat memengaruhi efektivitas strategi. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemilihan tipe influencer harus disesuaikan dengan karakteristik produk dan tujuan kampanye. Penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi pelaku bisnis skincare dalam menentukan strategi pemasaran digital yang lebih tepat sasaran.

Published

2025-08-08