Eksplorasi Pembelajaran Biologi Melalui Morfologi Tubuhan: Mengembangkan Rasa Ingin Tahu dan Kritis di Lingkungan Perguruan Tinggi

Authors

  • Sahrona Harahap Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Cipasung Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Pery Jayanto peryjayanto@uncip.ac.id
  • Fahmi Hamzatul Ula Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Cipasung Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Anisa Solehah Nurwendah Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Cipasung Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Meirin Dwiningtyas Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Cipasung Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia

Keywords:

Berfikir Kritis, Morfologi Tumbuhan, Pembelajaran Biologi, Perguruan Tinggi, Rasa Ingin Tahu

Abstract

Struktur morfologi tumbuhan merupakan salah satu fondasi utama dalam studi biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas pembelajaran biologi melalui morfologi tumbuhan dalam mengembangkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa terhadap pembelajaran morfologi tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode studi eksperimental dengan desain pre-test post-test, membandingkan kelompok eksperimen yang mengikuti praktikum morfologi tumbuhan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pendekatan kualitatif deskriptif juga digunakan melalui wawancara mendalam untuk menggali pengalaman, persepsi, dan tantangan mahasiswa selama pembelajaran. Analisis data diolah dengan metode kuantitatif sehingga hasil penelitian Peningkatan rasa ingin tahu diukur melalui frekuensi dan kualitas kontribusi dalam diskusi kelas menggunakan rubrik partisipasi. Berpikir kritis dinilai berdasarkan kedalaman analisis, keaslian ide, dan struktur tugas penelitian menggunakan rubrik penilaian, serta refleksi diri mahasiswa. Kesimpulannya, penelitian ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar mahasiswa tetapi juga memperkuat fondasi pemahaman melalui rasa ingin tahu terhadap ilmu biologi yang mendalam dan kritis dalam konteks pendidikan tinggi.

Downloads

Published

2025-01-08