Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik dan Media Pembelajaran yang Sesuai pada Materi Ikatan Kimia di SMA
Keywords:
keterampilan berpikir kreatif, ikatan kimia, media pembelajaran, websiteAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui profil terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam materi ikatan kimia dan media pembelajaran yang sesuai yang dapat diterapkan sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pendahuluan, yakni dengan pengambilan data menggunakan instrument yang berupa angket peserta didik, wawancara pendidik, dan tes tertulis mengenai keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi ikatan kimia. Keterampilan berpikir kreatif yang diujikan dalam penelitian ini mencakup indikator kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Penelitian ini dilakukan terhadap 35 peserta didik kelas XII di SMAN 1 Menganti, Gresik. Data yang diperoleh diolah secara kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah 40% peserta didik memiliki keterampilan berpikir kreatif dalam kategori sangat kurang dan 60% lainnya termasuk dalam kategori kurang. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi ikatan kimia masih perlu ditingkatkan lagi. Berdasarkan angket terkait dengan kebutuhan media pembelajaran yang diisi oleh peserta didik, didapatkan bahwa seluruh peserta didik memiliki gawai yang dapat terhubung ke internet, namun hanya 20,59% peserta didik yang pernah memakai media pembelajaran berbasis internet dan hanya 8,82% peserta didik pernah menggunakan website sebagai media untuk belajar materi ikatan kimia di sekolah bersama dengan pendidik. Oleh karena itu, diperlukan website sebagai media pembelajaran yang lebih mudah diakses agar bisa meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam materi ikatan kimia.